Penulis Utama : Aditya Rahman Laksana
NIM / NIP : K4216002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi campur kode dan alih kode pada rubrik cerita Ah Tenane yang ada dalam koran Solopos tahun 2019 dan relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMP pada kompetensi dasar menulis dialog sederhana.
Penelitian ini merupakan kualitatif yang dilakukan pada koran Solopos. Populasi penelitian adalah koran Solopos edisi tahun 2019. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa dialog yang memuat campur kode dan alih kode serta hasil wawancara dari informan yaitu guru. Teknik sampling yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu teknik analisis dokukmen, teknik kapustakan, dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk uji validitas adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian menggunakan tiga prosedur utama yaitu tahap pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan proposal penelitian.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) wujud campur kode pada rubrik cerita Ah Tenane yang ada dalam koran Solopos tahun 2019 meliputi campur kode intern dan campur kode extern, campur kode intern meliputi tiga wujud, yaitu berwujud kata, frasa, dan baster, sedangkan campur kode extern meliputi tiga wujud, yaitu berwujud kata, frasa, dan baster; (2) wujud alih kode pada rubrik cerita Ah Tenane dalam koran Solopos tahun 2019 meliputi alih kode ke dalam (intern), sedangkan alih kode ke luar (extern) tidak dipilih karena tidak mencukupi kriteria penelitian dan tidak dapat direlevansikan dengan materi ajar bahasa Jawa; (3) rubrik cerita Ah Tenane dalam koran Solopos, khususnya edisi tahun 2019 relevan sebagai materi ajar di SMP dengan beberapa faktor pendukung yaitu penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik pada jenjang SMP, penggunaan kosa kata sesuai dengan kaidah tingkat tutur bahasa Jawa, dan bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter.

Kata Kunci: Rubrik Cerita, Campur Kode, Alih Kode, Materi Ajar.

 

×
Penulis Utama : Aditya Rahman Laksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216002
Tahun : 2020
Judul : Campur Kode dan Alih Kode pada Rubrik Cerita Ah Tenane dalam Koran Harian Solopos Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa Jawa - K4216002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.