Penulis Utama : Ema Putri Utami
NIM / NIP : K4216026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan unsur instrinsik penokohan, dan latar dalam naskah sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung, aspek pskologi id, ego, dan superego dalam tokoh naskah sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung, nilai-nilai moral kerukunan dan kehormatan yang terkandung dalam naskah sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung; dan relevansi naskah sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung sebagai bahan ajar bahasa Jawa dengan materi menelaah sandiwara Jawa kelas IX.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data penelitian ini berupa dokumen naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan yaitu trianggulasi data (sumber) dan trianggulasi teori. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan model analisis data Miles & Huberman yang meliputi, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis psikologi sastra id, ego, dan superego dalam tokoh naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung sebagai berikut, unsur id seperti membela diri atas ketidaknyaman, mencari kepuasan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, unsur ego seperti pengambilan keputusan, unsur superego seperti penyesalan, pengakuan rasa bersalah, hati nurani yang dapat membedakan baik dan buruk suatu perbuatan. Hasil analisis nilai moral kerukunan yang ditemui dalam penelitian ini seperti tolong menolong sesama, peduli dengan tetangga yang sedang ada musibah, sedangkan nilai moral kehormatan seperti patuh terhadap perintah orang tua, menghargai pekerjaan orang lain, menghargai keputusan orang lain. Naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung karya Udyn UPW relevan untuk dijadikan alternatif bahan ajar bahasa Jawa menelaah teks sandiwara kelas IX SMP N 1 Kartasura.

Kata kunci: Analisis Psikologi Sastra, Nilai Moral, Bahan Ajar

 

×
Penulis Utama : Ema Putri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216026
Tahun : 2021
Judul : Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Moral Naskah Sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung Karya Udyn UPW Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa Jawa - K4216026 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.