Penulis Utama : Ferlita Amelia Septy Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216035
Tahun : 2021
Judul : Pola Komunikasi Jarak Jauh Orang Tua Dalam Membentuk Motivasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 UNS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Reguler Ilmu Komunikasi 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Yang Berasal Dari Luar Daerah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0216035-2021
Subyek : KELUARGA, HUBUNGAN JARAK JAUH, POLA KOMUNIKASI, SKEMA HUBUNGAN KELUARGA, HAMBATAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi. Dalam melakukan interaksi, setiap individu memerlukan komunikasi. Interaksi yang ada dalam keluarga akan membentuk pola komunikasi antarpribadi yang terjadi di antara orangtua dengan anak dalam rangka memberikan kesan, keinginan, sikap, pendapat, dan pengertian, yang dilandasi rasa kasih sayang, kerjasama, penghargaan, kejujuran, kepercayaan dan keterbukaan di antara mereka yang bertujuan untuk mempererat hubungan dalam keluarga.
Hubungan jarak jauh yang dialami oleh mahasiswa dengan orangtuanya tidak selamanya berjalan dengan lancar. Ketidakhadiran orang tua setiap saat dan setiap waktu dapat menyebabkan permasalahan yang berpengaruh terhadap motivasi belajar karena kurangnya pengawasan dari orang tua secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi jarak jauh orang tua dalam membentuk motivasi belajar pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS 2018 yang berasal dari luar Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan teori Teori Skema Hubungan dalam Keluarga oleh Mary Anne Fitzpatrick dan koleganya. Menurut teori ini komunikasi keluarga tidaklah bersifat acak (random), tetapi sangat terpola berdasarkan atas skema-skema tertentu yang menentukan bagaimana anggota keluarga berkomunikasi satu dengan lainnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan komunikasi dan pendekatan psikologi, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara mendalam lalu menggunakan teknik analisis data. Sehingga dapat diketahui bagaimana pola komunikasi jarak jauh orang tua dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 UNS yang berasal dari luar daerah Surakarta.
Dari hasil temuan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang sering digunakan dalam membentuk motivasi belajar, orang tua informan menggunakan pola komunikasi sekunder dan keseimbangan. Pola tersebut dilihat dari proses komunikasi jarak jauh yang mengharuskan menggunakan alat bantu berupa whatsapp dan sikap orangtua terhadap mahasiswa terjadi secara terbuka, dan bebas dalam berkomunikasi. Pola komunikasi tersebut dapat dikelompokkan kedalam skema hubungan keluarga. Hambatan-hambatan yang mempengaruhi proses komunikasi adalah waktu dan gangguan teknis berupa sinyal.

Kata kunci: keluarga, hubungan jarak jauh, pola komunikasi, skema hubungan keluarga, hambatan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
surat persetujuan.pdf
1. BAGIAN AWAL.pdf
2. BAB I - FERLITA.pdf
3. BAB II - FERLITA.pdf
4. BAB III - FERLITA.pdf
5. BAB IV - FERLITA.pdf
6. BAB V - PENUTUP.pdf
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP