Penulis Utama : Septi Krisyanti
NIM / NIP : K4316058
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada atau tidak pengaruh discovery learning dipadu media animasi videoscribe terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) mengetahui ada atau tidak pengaruh kemampuan akademik terhadap motivasi belajar peserta didik, dan (3) mengetahui ada atau tidak interaksi antara discovery learning, media animasi videoscribe, dan kemampuan akademik terhadap motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control group design menggunakan kelas kontrol atau tanpa perlakuan dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dipadu media animasi videoscribe. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta. Subjek penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling meliputi kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 1 sebagai eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan observasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) discovery learning dipadu media animasi videoscribe berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, dan (3) tidak terdapat interaksi antara discovery learning, media animasi videoscribe, dan kemampuan akademik terhadap motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Discovery learning, kemampuan akademik, media animasi videoscribe, motivasi belajar               

 

×
Penulis Utama : Septi Krisyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316058
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Discovery Learning Dipadu Media Animasi Videoscribe Terhadap Motivasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Akademik Peserta Didik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Biologi - K4316058 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Santosa, M.Si.
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.