Penulis Utama : Lela Dwi Hartanti Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414030
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Sejarah - K4414030 - 2020
Subyek : TANGGUNG JAWAB, HASIL BELAJAR, COOPERATIVE LEARNING, TIME TOKEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model cooperative learning tipe time token pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang berperan sebagai penerima tindakan, guru mata pelajaran sejarah sebagai pemberi tindakan dan peneliti bertindak sebagai pengamat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk data kualitatif dan deskriptif komparatif untuk data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan dengan penerapan model cooperative learning tipe time token: (1) Meningkatkan aktivitas pembelajaran pada siklus I meningkat sebesar 68,85?n siklus II meningkat sebesar 82,02%, (2) Meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada siklus I mecapai persentase 74,06?n pada siklus II persentase tangung jawab belajar siswa mengalami kenaikan mencapai 77,50%, dan (3) Meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 48,38?n pada siklus II hasil belajar mengalamai peningkatan mencapai 77,41%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model cooperative learning tipe time token dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Tanggung Jawab, hasil belajar, cooperative learning, time token

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP