Penulis Utama : Hasan Widodo
NIM / NIP : K4416029
×

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peran Tan Malaka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, 2) mengetahui wujud nilai-nilai karakter pada perjuangan Tan Malaka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan 3) mengetahui nilai-nilai karakter pada perjuangan Tan Malaka dikembangkan sebagai penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah Indonesia.   
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumen. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Peran Tan Malaka dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia dilakukan melalui beberapa bidang yaitu sosial masyarakat, pendidikan, agama, ekonomi, politik, dan militer, 2) Nilai-nilai karakter pada perjuangan Tan Malaka dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia tercermin dalam beberapa nilai karakter yaitu religius, kerja keras, kreatif, semangat kebangsaan, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, tanggung jawab dan rela berkorban, serta 3) Nilai-nilai karakter pada perjuangan Tan Malaka dapat dijadikan sebagai penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA. Guru dapat melaksanakannya kedalam tiga kegiatan yaitu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup Sehingga nilai-nilai karakter pada perjuangan Tan Malaka dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia dapat dipahami, dihayati, dan diteladani oleh peserta didik.

Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Tan Malaka, Pembelajaran Sejarah Indonesia

 

×
Penulis Utama : Hasan Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416029
Tahun : 2020
Judul : Nilai-Nilai Perjuangan Tan Malaka dalam Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sejarah Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Sejarah - K4416029 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd.
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.