Penulis Utama : Arika Rukmana Dewi
NIM / NIP : K4516006
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-science magazine sebagai media pembelajaran materi usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs kelas VIII yang memenuhi kriteria baik dilihat dari validasi ahli materi, validasi ahli media, penilaian guru IPA, dan respon siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan pengembangan Borg dan Gall yang dilaksanakan sampai tahapan revisi hasil uji coba. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi soal berpikir kritis, lembar penilaian oleh guru, dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis kelayakan media menggunakan kriteria kelayakan media menurut Sa?dun Akbar yaitu dengan batas minimum persentase 70,01%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-science magazine sebagai media pembelajaran materi usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs memperoleh kriteria memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 91,3?ri validasi ahli materi, sangat valid dengan persentase 91,2?ri validasi ahli media, sangat valid dengan persentase 91?ri penilaian guru IPA, dan cukup valid dengan persentase 78,5?ri respon 10 siswa.

Kata kunci: Media pembelajaran, e-Science Magazine, dan Kemampuan Berpikir Kritis.

 

×
Penulis Utama : Arika Rukmana Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516006
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan E-Science Magazine Sebagai Media Pembelajaran Materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam - K4516006 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
2. Febriani Sarwendah A.N., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.