Penulis Utama : Emy Shofiah Setyowati
NIM / NIP : K4516015
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura pada Materi Pemanasan Global dan menentukan faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Kartasura dengan sampel yang diambil ssejumlah 74 siswa yang tersebar di 3 kelas yaitu kelas 7B, kelas 7F dan kelas 7H. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Validitas intrumen penelitian menggunakan validitas isi dan bahasa serta Validitas Konstruk. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura pada materi pemanasan global tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 80,1%. Aspek yang memiliki persentase tertinggi adalah aspek penalaran dengan persentase sebesar 88,59% dan untuk aspek yang memiliki persentase terendah yaitu aspek inference dengan persentase sebesar 75,68%. Keterampilan berpikir kritis dipengaruhi oeh beberapa faktor meliputi kecermatan dalam mengabstraksi soal, penguasaan konsep materi pembelajaran atau perkembangan intelektual, kecenderungan siswa dalam mengandalkan hafalan, kondisi fisik siswa, motivasi belajar, kecemasan, interaksi antara guru dan siswa. Faktor yang paling berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis adalah penguasaan konsep materi pembelajaran.

Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, Pemanasan Global

 

×
Penulis Utama : Emy Shofiah Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516015
Tahun : 2021
Judul : Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura pada Pembelajaran IPA Materi Pemanasan Global
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam - K4516015 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harlita, S.Si., M.Si.
2. Dr.Endang Susilowati, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.