Penulis Utama : Muhammad Ishaq Saputro
NIM / NIP : K4613099
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola pada peserta didik kelas XIII Sos 4 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dengan tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XIII Sos 4 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 25 peserta didik dengan rincian 10 peserta didik laki-laki 15 peserta didik perempuan.Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru danpeserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan obeservasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut :Pada pra siklus, hasil belajar bermain sepakbola peserta didik yang tuntas mencapai 44% atau sebanyak 11peserta didik dan peserta didikyang belum tuntas 56% atau sebanyak 14 peserta didik.  Pada siklus I, hasil belajar bermain sepakbola peserta didik yang tuntas mencapai 68% atau sebanyak 17 peserta didik dan peserta didik yang belum tuntas 22% atau sebanyak 8 peserta didik. Pada siklus II hasil belajar bermain sepakbola peserta didik yang tuntas 88% atau 22 peserta didik dan peserta didik yang belum tuntas 12% atau sebanyak 3 peserta didik. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran melalui pendekatan taktis, dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola pada peserta didik kelas XII Sos 4 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : hasil belajar, bermain sepakbola, teaching games tournament

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ishaq Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613099
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola pada Peserta Didik Kelas XIII SOS 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4613099 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Agus Kristiyanto., M.Pd
2. Drs. Sunardi., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.