Penulis Utama : Nurhayati Purnamasari
NIM / NIP : K4615068
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Passing Bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP N 8 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas VIII E SMP N 8 Surakarta yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa putra dan 20 siswa putri. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa, peneliti, dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi,wawancara, penilaian, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dengan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut :pada prasiklus aspek pengetahuan siswa yang tuntas adalah 22 siswa atau 69%, sedangkan pada aspek keterampilan siswa yang tuntas adalah 7 siswa atau 22%, pada siklus I aspek pengetahuan siswa yang tuntas adalah 27 siswa atau 80%, dan pada aspek keterampilan siswa yang tuntas adalah 20 siswa atau 63%. Sedangkan pada siklus II aspek keterampilan siswa yang tuntas adalah 28 siswa atau 88% sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas.
Guru dan peneliti sepakat untuk target penelitian sebesar 80% untuk aspek keterampilan dan pengetahuan, sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP N 8 Surakarta tahun ajaran 2019/2020 pada siklus II sebesar 88% yang berarti sudah mencapai terget.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bolavoli, Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Nurhayati Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615068
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli pada Siswa Kelas VIII E SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4615068 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi., M.Kes.
2. Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.