Penulis Utama : Anam Syafa’attul M
NIM / NIP : K4616008
×

Penelitian  ini  dilandasi  karena  belum  di     ketahuinya  pembangunan olahraga di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali yang di tinjau dari Sport Development Index (SDI). Di dalam SDI sendiri terdapat 4 indikator yang di jadikan sebagai alat bantu bagaimana pembangunan olahraga di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ketersediaan ruang terbuka di Kecamatan Sambi (2) ketersediaan sumber daya manusia   di   Kecamatan   Sambi   (3)   tingkat   partisipasi   masyarakat   dalam berolahraga di Kecamatan Sambi (4) tingkat kebugaran jasmani masyarakat Kecamatan  Sambi  sehingga  nantinya  diketahui  index  pembangunan  olahraga (SDI) di Kecamatan Sambi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang di  gunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang yang di bedakan menjadi 3 kategori usia yakni anakk 7-12 tahun, remaja
13-17 tahun, dan dewaasa 18-40 tahun yang di ambil dari 3 desa yang berbeda di wilayah Kecamatan Sambi yang di wakili Desa Catur, Desa Sambi,   dan Desa Canden. Pengambilan wilayah dari cluster 3 desa berdasar pedoman SDI dimana ke-3 desa mewakili desa dengan kategori rendah, sedang, maju. Instrument tes yang di gunakan berupa angket dan Multi Stage Fitness Test (MFT)
Hasil dari penelitian ini adalah (1) ketersediaan ruang terbuka di wilayah Kecamatan Sambi sudan cukup baik dan di dapatkan index ruang terbuka  0,726, (2) ketersediaan sumber daya manusia di Kecamatan Sambi tergolong masih rendah dengan index 0,0024, (3) index partisipasi masyarakat dalam berolahraga cukup     baik  di  lihat  dari  index  partisipasi  0,522,  (4)  kebugaran  jasmani masyarakat wilaah Kecamatan Sambi mendapat index 0,292 yang dimana dalam kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah index SDI yang meliputi Kebugaran Jasmani, Sumberdaya Manusia, Ruang Terbuka Olahraga, Partisipasi Olahraga di Kecamatan Sambi sebesar 0,385, dan jika di lihat dari  norma SDI, Kecamatan Sambi masih tergolong dalam kategori rendah.

Kata Kunci: Sport  Development  Index,  Ruang  Terbuka,  Sumber  Daya
Manusia, Partisiasi, Kebugaran jasmani.

 

×
Penulis Utama : Anam Syafa’attul M
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616008
Tahun : 2020
Judul : Analisis Sport Development Index Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4616008 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Agus Kristiyanto., M.Pd
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.