Penulis Utama : Andreas Bangkit Prabowo
NIM / NIP : K4616010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi status kebugaran jasmani dan indeks massa tubuh peserta didik pelatihan Taekwondo bhirawa usia 13-15 tahun Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pelatihan Taekwondo Bhirawa usia 13-15 tahun Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen, dengan jumlah 16 peserta didik. Teknik pengambilan data status kebugaran jasmani menggunakan instrumen TKJI tahun 2010 terdiri dari 5 item tes yaitu: Tes lari 50 meter, gantung angkat tubuh putra dan siku tekuk putri, baring duduk 60 detik, loncat tegak, lari 1000 m putra dan lari 800 m putri. Untuk pengambilan data status indeks massa tubuh menggunakan pengukuran berat badan dan tinggi badan lalu dihitung dengan menggunakan rumus IMT yang ada untuk mengetahui hasilnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai kebugaran jasmani Baik Sekali 6,3% (1 peserta didik), Baik 31,4% (5 peserta didik), Sedang 62,3% (10 peserta didik), Kurang 0% (0 peserta didik), dan Kurang Sekali 0% (0 peserta didik). Untuk status indeks massa tubuh rata-rata peserta didik mempunyai status indeks massa tubuh 0 peserta didik atau 0% sangat kurus, 0 peserta didik atau 0% kurus, 12 peserta didik atau 75% normal, 4 peserta didik atau 25% gemuk, dan 0 peserta didik atau 0% obesitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata status kebugaran jasmani peserta didik taekwondo bhirawa usia 13-15 tahun Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen termasuk kedalam kategori “Sedang”. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah persentase kategori “Sedang” yang cukup tinggi yaitu 62,3% dan berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata status indeks massa tubuh peserta didik taekwondo bhirawa usia 13-15 tahun Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen termasuk kedalam kategori “Normal”. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah persentase kategori “Normal” yang cukup tinggi yaitu 75%.

Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Indeks Massa Tubuh, Pelatihan Taekwondo.

 

×
Penulis Utama : Andreas Bangkit Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616010
Tahun : 2020
Judul : Status Kebugaran Jasmani dan Indeks Massa Tubuh Peserta Didik Pelatihan Taekwondo Bhirawa Usia 13–15 Tahun Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4616010 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Agus Kristiyanto., M.Pd
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.