Penulis Utama : Fuad Hasim
NIM / NIP : K4616040
×

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatan kemampuan passing bawah bolavoli setelah menggunakan alat bantu balon dan bola gantung pada peserta didik kelas 4 SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun 2019/2020.
Peneitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang berdaur siklus terdiri dari 2 siklus.penelitian ini siswa melakukan pembelajaran menggunakan alat bantu balon dan bola gantung.
Hasil penelitian ini diperoeh simpulan sebagai berikut: (1) Pra siklus ditemukan data bahwa penilaian afektif pencapaian siswa baru 0?lam kategori kurang, kemudian dalam penilaian kognitif pencapaian siswa 0% masih kurang sedangkan penilaian psikomotor baru mencapai 62?lam kategori belum tuntas.
(2) Siklus 1 kemudian peneliti menggunakan metode pengajaran menggunakan alat bantu balon dan bola gantung hasil dari tes dan observasi siklus 1 menunjukkan peningkatan signifikan dibuktikan data penilaian afektif siklus 1 46% lulus sedangkan 54?lam kategori kurang, kemudian penilaian kognitif peningkatan 31% sedangkan 69?lam katergori kurang dan penilaian psikomotor meningkat menjadi 77% sedangkan 23?lam kategori kurang. (3) Siklus 2 hasil pengamatan afektif siklus 2 pencapaian siswa yang lulus 77% sedangkan 23?lam kategori kurang, kemudian dalam penilaian kognitif siklus 2 pencapaian siswa meningkat menjadi 100% seluruh siswa lulus dengan kategori baik dan penilaian psikomotor siklus 2 mengalamai peningkatan mencapai 92% sedangkan 8?lam kategori belum tuntas.

Kata kunci: Balon Dan Bola Gantung, Passing Bawah

 

×
Penulis Utama : Fuad Hasim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616040
Tahun : 2021
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Passing Bawah Menggunakan Alat Bantu Balon dan Bola Gantung pada Peserta Didik Kelas 4 SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4616040 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
2. Dr. Sri Santoso Sabarini, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.