Penulis Utama : Nur Hidayati
NIM / NIP : K4616067
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan power otot tungkai, kekuatan otot perut, kelentukan tubuh, dan koordinasi mata-kaki terhadap kecepatan tendangan samping/T di perguruan pencak silat kembang setaman di Wonosobo tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet kembang setaman Wonosobo berjumlah 14 atlet. Sumber data penelitian ini berasal dari atlet dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan tes. Uji data menggunakan SPSS (Statistikal Package for The Social Science) dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif..

Penelitian menggunakan 5 variabel yaitu variabel X dengan power otot tungkai, kekuatan otot perut, kelentukan tubuh dan koordinasi mata kaki serta variabel Y dengan kecepatan tendangan samping/T. Berdasarkan hasil analisis dapat dijelaskan bahwa (1) power otot tungkai mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kecepatan tendangan samping/T kanan ditunjukan dengan nilai sig. 0,008 < 0>

>    0,005 (4) koordinasi mata-kaki tidak memiliki hubungan yang signifikan ditunjukan dengan nilai sig. 0,374 dan 0,472 > 0,05. Dari nilai sumbangan di atas yang menyumbangkan paling banyak yaitu power otot tungkai dibandingkan dengan kekuatan otot perut dari total nilai sumbanganya yaitu 55,6 % untuk kecepatan tendangan samping/T kanan dan 71,5 % nilai sumbangan untuk kecepatan tendangan samping/T kiri.

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah power otot tungkai sumbangan paling besar serta terdapat hubungan power otot tungkai dan kekuatan otot perut terhadap kecepatan tendangan samping/T di Perguruan Pencak Silat Kembang Setaman Wonosobo tahun 2020 dan tidak ada hubungan kelentukan tubuh dan koordinasi mata kaki terhadap kecepatan tendangan samping/T.

Kata Kunci : Power otot tungkai, pencak silat, tendangan samping.

 

×
Penulis Utama : Nur Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616067
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Power Otot Tungkai, Kekuatan Otot Perut, Kelentukan Tubuh, dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kecepatan Tendangan Samping (T) di Perguruan Pencak Silat Kembang Setaman Wonosobo Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4616067 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Singgih Hendarto., S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.