Penulis Utama : Faqih Choeroni
NIM / NIP : K4617051
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui penerapan sistem pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring, dan dampak pembelajaran daring dalam PJOK di SMP Negeri 17 Surakarta pada tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 januari – 29 januari 2021. Subjek penelitian adalah guru PJOK dan peserta didik kelas VII C, VIII D, IX E SMP Negeri 17 Surakarta dengan rincian 2 guru PJOK dan 82 peserta didik. Sumber data diperoleh dari guru PJOK, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi,angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: penerapan sistem pembelajaran daring dalam PJOK  di SMP Negeri 17 surakarta sesuai dengan RPP yang sudah dibuat dan terjadwal sesuai dengan jadwal yang ada, namun kurang efektif karena jadwal pembelajaran serentak dan guru menggunakan RPP dan materi yang sama dengan metode pembelajaran CTL dan model pembelajaran Quantum Learning, tapi guru hanya memberikan materi tertulis dan latihan soal. Ditambah kendala pemahaman teknologi guru dan sebagian siswa masih kurang, sehingga berdampak kepada minat belajar siswa.
Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pembelajaran daring dalam PJOK di SMP Negeri 17 Surakarta berjalan kurang efektif karena berbagai kendalan sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran.

Kata kunci: Penerapan, Kendala, Dampak

 

×
Penulis Utama : Faqih Choeroni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617051
Tahun : 2021
Judul : Studi Tentang Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 17 Surakarta pada Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4617051 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi., M.Kes.
2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.