Penulis Utama : Gesang Prasaja Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113034
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Media Kolase Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Kelas 1 di SLB B C Dharma Anak Bangsa Klaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5113034 - 2020
Subyek : PENGARUH, MEDIA KOLASE, KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN, ANAK TUNAGRAHITA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Kolase terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas 1 di SLB B C Dharma Anak Bangsa Klaten tahun ajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 6 anak kelas 1 SLB B C Dharma Anak Bangsa Klaten. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan metode analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS versi 23.
Penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan yaitu nilai rata- rata sebelum treatment (pretest) adalah 50,83 menjadi 69,44 setelah treatment (posttest). Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Zhitung= -2,201 dengan Asymp. Sig (2-tailed)=0,028. pada taraf signifikansi yang telah diterapkan yaitu ?= 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan Media Kolase berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas 1 di SLB B C Dharma Anak Bangsa Klaten tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Pengaruh, Media Kolase, kemampuan membaca permulaan, anak tunagrahita.    

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP