Penulis Utama : Siti Syarah Kautsar
NIM / NIP : K5415055
×

Peranan air sangat penting untuk berbagai macam aktivitas manusia sehari-hari, misalnya penggunaan air untuk kebutuhan domestik. Kebutuhan air domestik akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Disamping itu, salah satu permasalahan ketersediaan air ada pada aspek kuantitas dan ketidakmerataan keberadaannya. Oleh karena itu perlu diketahui ketersediaan air meteorologis setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui ketersediaan air meteorologis untuk kebutuhan domestik di DAS Kedungbener Kabupaten Kebumen, 2) mengetahui kebutuhan air domestik di DAS Kedungbener Kabupaten Kebumen.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penggunaan lahan yang diperoleh dari interpretasi citra IKONOS Google Earth tahun 2018, tekstur tanah yang diperoleh dari sampel tanah yang diuji di laboratorium yang selanjutnya dikoreksi dengan Peta Tanah Semi Detail DAS Kedungbener, data curah hujan dan temperatur yang diperoleh dari stasiun hujan yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Sub Bagian Sumber Daya Air, dan data jumlah penduduk yang diperoleh dari Kecamatan Dalam Angka. Tahapan yang harus dilakukan adalah (1) mengumpulkan data temperatur dan curah hujan, (2) Overlay penggunaan lahan dengan tekstur tanah sehingga menghasilkan Water Holding Capacity (3) menghitung ketersediaan air meteorologis menggunakan metode neraca air Thorthwaite-Matter, (4) menghitung kebutuhan air domestik yang berpedoman pada SNI Sumber Daya Air Nomor 19-6728.1 tahun 2002, (5) Menentukan surplus atau defisit air.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketersediaan dan kebutuhan air di DAS Kedungbener mengalami surplus. Ketersediaan air meteorologis sangat bergantung pada besar kecilnya curah hujan. Hal ini dikarenakan data masukan utama dalam perhitungan Thorthwaite-Matter adalah curah hujan. Sehingga, jika curah hujan tinggi, dapat dipastikan ketersediaan air meteorologis juga tinggi, dan sebaliknya. Perhitungan kebutuhan air untuk domestik sangat bergantung pada jumlah penduduk yang tinggal di DAS Kedungbener. Jumlah kebutuhan air domestik keseluruhan di DAS Kedungbener adalah 76.872.600 liter/bulan. Sedangkan rata-rata ketersediaan air meteorologis DAS Kedungbener adalah 17.148 juta liter/bulan.

Kata kunci: Ketersediaan air meteorologis, Kebutuhan air domestik, Thornhwaite-Matter.

 

×
Penulis Utama : Siti Syarah Kautsar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5415055
Tahun : 2021
Judul : Analisis Ketersediaan Air Meteorologis dan Kebutuhan Air Domestik di Das Kedungbener Kabupaten Kebumen Tahun 2018 (Materi Pengayaan Pembelajaran Kelas X KD 3.6 Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfera)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi- K5415055 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si. M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.