Penulis Utama : Bangkit Dika Pradana
NIM / NIP : K5416009
×

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Sidareja. (2) Menentukan arahan mitigasi bencana banjir di Kecamatan Sidareja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Unit analisis yang digunakan adalah satuan lahan Kecamatan Sidareja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis digunakan untuk mengetahui tingkat kerawanan banjir yang terjadi yaitu scoring sedangkan dalam menentukan Arahan Mitigasi Bencana Banjir menggunakan teknik analisis arahan mitigasi struktural.
Hasil penelitian ini adalah: (1) tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Sidareja terdiri dari 3 kelas yaitu kelas tidak rawan seluas 893.46 ha (18%) yang tersebar pada 3 desa meliputi Karanggedang; Penyarang dan Kunci, kelas cukup rawan seluas 2813.83 ha (57%) tersebar pada 10 desa meliputi Karanggedang; Penyarang; Kunci; Sidamulya; Sudagaran; Sidareja; Gunungreja; Tegalsari; Tinggarjaya dan Margasari dan kelas sangat rawan seluas 1228.45 ha (25%) tersebar pada 6 desa meliputi Margasari; Tinggarjaya; Tegalsari; Gunungreja; Sidamulya dan Sudagaran. (2) arahan mitigasi bencana banjir di Kecamatan Sidareja berupa mitigasi struktural pada daerah sangat rawan dan cukup rawan berupa pemembangun dan perbaikan tanggul penahan banjir, perbaikan saluran air dan saluran irigasi, normalisasi sungai, dan peninggian badan jalan dengan pengecoran.

Kata kunci : Kerawanan Banjir Dan Arahan Mitigasi

 

×
Penulis Utama : Bangkit Dika Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416009
Tahun : 2020
Judul : Analisis Daerah Rawan Banjir Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Arahan Mitigasi di Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Tahun 2020 ( Kd 3.7 Menganalisis Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam dengan Kajian Geografi.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi- K5416009 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si.
2. Gentur Adi Tjahjono, S.Si, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.