Penulis Utama : Firmansyah Aditya F.
NIM / NIP : K5416020
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kesesuaian lahan untuk pariwisata pantai di Kabupaten Rembang tahun 2020, (2) mengetahui daya dukung kawasan pariwisata pantai di Kabupaten Rembang tahun 2020.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pantai sebagai unit analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pantai yang terdapat di Kabupaten Rembang. Penentuan lokasi pada penelitian ini adalah pantai yang sudah dikelola menjadi obyek wisata di Kabupaten Rembang. Lokasi penelitian berada pada Pantai Pasir Putih Wates, Kartini, Nyamplung dan Karangjahe. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rich and thick description. Teknik analisis data yang digunakan untuk evaluasi kesesuaian lahan adalah skoring. Kelas kesesuaian lahan dibagi menjadi empat kelas kesesuaian yaitu S1 (75%-100%), S2 (50%-75%), S3 (25%-50%), N (0%-25%). Analisis daya dukung kawasan pariwisata pantai menggunakan rumus daya dukung kawasan.
Hasil penelitian menunjukkan Pantai Pasir Putih Wates memiliki nilai kesesuaian 78% dan memiliki daya dukung kawasan 3224 pengunjung perhari, Kartini memiliki nilai kesesuaian 54% dan memiliki daya dukung kawasan 1129 pengunjung perhari, Nyamplung memiliki nilai kesesuaian 77% dan memiliki daya dukung kawasan 1177 pengunjung perhari, Karangjahe memiliki nilai kesesuaian 81% dan memiliki daya dukung kawasan 3592 pengunjung perhari.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Hasil evaluasi kesesuaian lahan untuk pariwisata pantai, didaerah penelitian hanya terdapat kelas kesesuaian lahan sesuai (S2). Pantai yang termasuk kedalam kelas kesesuaian lahan sesuai adalah Pasir Putih Wates, Kartini, Nyamplung, dan Karangjahe. Karakteristik yang menyebabkan berkurangnya nilai kesesuaian dan menjadi sumber masalah pada setiap pantai adalah tipe pantai, material dasar perairan, kecerahan perairan dan pelabuhan nelayan yang masih aktif berdampingan dengan rekreasi pantai (2) Hasil evaluasi daya dukung pariwisata pantai, didaerah penelitian yaitu Pantai Pasir Putih Wates 3224 pengunjung perhari, Kartini 1129 pengunjung perhari, Nyamplung 1177 pengunjung perhari, dan Karangjahe 3592 pengunjung perhari. Pantai Karangjahe pada 1 Januari 2020 melebihi jumlah pengunjung wisatawan dalam satu hari dengan jumlah lebih dari 10.000 pengunjung perhari.

Kata kunci: Evaluasi kesesuaian lahan, daya dukung kawasan, pariwisata pantai

 

×
Penulis Utama : Firmansyah Aditya F.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416020
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Pariwisata Pantai di Kabupaten Rembang Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi- K5416020 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.