Penulis Utama : Meylita Diah Anggita Sari
NIM / NIP : K5416035
×

Tujuan dari penelitian ini meliputi (1) Mengetahui bentuk resiliensi komunitas samin dan masyarakat sekitar Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora terhadap bencana kekeringan (2) Mengetahui tingkat resiliensi komunitas samin dan masyarakat sekitar Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora terhadap bencana kekeringan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalan Kecamatan Banjarejo. Sampel yang digunakan adalah komunitas samin Desa Klopoduwur dan Masyarakat luar samin Desa Sendanggayam yang terkena dampak kekeringan. Pengumpulan data melalui observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Bentuk resiliensi yang dilakukan Komunitas Samin dan Masyarakat Sekitar dalam menghadapi kekeringan adalah dengan sistem sosial, sistem ekologi, dan sistem sosial ekologi. Sistem sosial yang dilakukan adalah sifat gotong royong dan memliki rasa kekeluargaan untuk memperoleh air untuk kebutuhan hidup, mendapatkan bantuan air. Sistem ekologi yang dilakukan adalah keterkaitan dengan kepedulian dengan lingkungan sekitar ada yang dirawat ada yang dibiarkan mati. Sistem sosial ekologi ada yang percaya alam akan membantu  dan  percaya  akan  kepercayaan  tertentu  untuk  dapat  memperoleh  air
sedangkan masyarakat luar samin sudah tidak percaya di era modern saat ini. (2)
Tingkat resiliensi terhadap kekeringan di wilayah penelitian ini memiliki resiliensi sedang dengan nilai 2 dan tinggi dengan nilai 3. Persebarannya ditentukan berdasarkan per kapasitas yaitu kapasitas serap, kapasitas adaptif dan kapasitas transformatif.

Kata Kunci : Resiliensi, Komunitas Samin, Masyarakat Luar Samin, Kekeringan

 

×
Penulis Utama : Meylita Diah Anggita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416035
Tahun : 2020
Judul : Analisis Resiliensi Komunitas Samin dan Masyarakat Sekitar Kecamatan Banjarejo dalam Menghadapi Kekeringan Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi- K5416035 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yasin Yusup, S.Si., M.Si.
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.