Penulis Utama : Rahma Nur Aprilia
NIM / NIP : K5416052
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pola sebaran SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora (2) Ketersediaan sarana dan prasarana SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora (3) Ketersediaan fasilitas pendidikan berdasarkan jumlah penduduk usia sekolah di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelititian ini merupakan  penelitian  populasi,  yang  terdiri  dari  26  SD/MI dan  3  SMP/MTs di Kecamatan Sambong. Pengumpulan data melalui observasi langsung untuk plotting lokasi dan checklist pemenuhan sarana dan prasarana, wawancara tidak terstruktur, dan kajian dokumen dari masing-masing sekolah, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sambong.
Hasil dari penelitian sebagai berikut : (1) Sebaran fasilitas pendidikan tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan Sambong memiliki pola acak  (random). Faktor yang memengaruhi persebaran SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan Sambong yaitu faktor fisik dan faktor sosial. Faktor fisik yang berpengaruh antara lain penggunaan lahan, lokasi, jarak dan aksesibilitas di masing-masing daerah, sedangkan faktor sosial yang berpengaruh adalah jumlah penduduk. (2) Ketersediaan sarana dan prasarana SD/MI di Kecamatan Sambong belum memenuhi baik segi kualitas dan kuantitasnya, terutama pada pemenuhan sarananya. Sedangkan pada SMP/MTs mayoritas sudah memiliki sarana dan prasarana yang sangat memenuhi. (3) Fasilitas pendidikan tingkat SD/sederajat dan SMP/sederajat yang tersedia di Kecamatan Sambong saat ini sudah terpenuhi bagi jumlah penduduk yang ada, terutama untuk jumlah penduduk usia sekolah.

Kata Kunci : Pola Persebaran, Sarana Dan Prasarana, Fasilitas Pendidikan

 

×
Penulis Utama : Rahma Nur Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416052
Tahun : 2020
Judul : Kajian Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar (SD/MI) dan Menengah Pertama(SMP/MTs) di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Tahun 2020 (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi Kelas XI pada Materi Kualitas Penduduk dan Indeks Pembangunan Manusia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5416052- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sugiyanto, M.Si., M.Si.
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.