Penulis Utama : Rizca Nurul Istiqomah Permata Indah
NIM / NIP : K5416054
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan e-learning moodle berbasis Virtual Private Server untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan peserta didik; (2) mengetahui efektivitas e-learning moodle berbasis Virtual Private Server untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan peserta didik; (3) mengetahui pengaruh e-learning moodle terhadap hasil belajar pengetahuan peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subyek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru, serta peserta didik kelas XI IPS 1,2, dan 4. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar penilaian guru, lembar penilaian peserta didik, serta tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) e-learning moodle berbasis Virtyal Private Server dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli materi, penilaian guru, serta penilaian peserta didik dengan mendapatkan modus skor 5 (kategori sangat baik dalam Skala Likert), serta penilaian dari ahli media dengan modus skor 4 (kategori baik dalam Skala Likert); (2) e-learning moodle berbasis Virtual Private Server pada Kompetensi Dasar (KD) “Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan peserta didik berdasarkan rerata kelasnya yang lebih tinggi pada hasil pretest dan posttest kognitif yaitu 55,45 menjadi 88,36 dibandingkan dengan media MS Teams dimana rerata kelas hasil pretest dan posttest kognitif yaitu 53,56 menjadi 76,88.

Kata kunci : Pengembangan Media, E-Learning Moodle berbasis Virtual Private Server, Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik

 

×
Penulis Utama : Rizca Nurul Istiqomah Permata Indah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416054
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan E-Learning Moodle Berbasis Virtual Private Server (Vps) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Geografi (Studi pada Kelas XI SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5416054 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo M.Pd
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.