Penulis Utama : Octovaldo Akhlaqul Karim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216073
Tahun : 2021
Judul : Representasi Persahabatan Dalam Film Indonesia (analisis Semiotika Roland Barthes Representasi Persahabatan alam Film 5 cm dan Film Bebas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0216073-2021
Subyek : REPRESENTASI, PERSAHABATAN, SEMIOTIKA, ROLAND BARTHES
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Film merupakan salah satu media yang berpotensi untuk mempengaruhi khalayaknya karena kemampuan dan kekuatannya yang mampu menjangkau banyak segmen sosial (Irawanto, 1999). Film memberikan gambaran sebuah peristiwa komunikasi yang dapat menyajikan realitas objek. Realitas objek yang digambarkan dalam film dapat dimaknai dengan memperhatikan simbol atau tanda pada setiap atau adegan tertentu berdasarkan subjektifitas masing-masing individu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi persahabatan dalam film “5 cm” dan film “Bebas”. Analisis yang digunakan berdasarkan karakteristik persahabatan menurut Davis (Fauziah, 2014). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes yang akan menghasilkan analisis berupa denotasi, konotasi, dan mitos. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang diuji dengan intertekstualitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa representasi pada film “5 cm” dan film “Bebas” memiliki persamaan dalam tiga hal, yakni menampilkan hubungan persahabatan berbeda gender, mencakup semua karakteristik persahabatan menurut Davis, yakni suatu hubungan yang meliputi kesenangan, penerimaan, saling membantu, percaya, kepercayaan, pengertian, menghargai, spontanitas, dan menitikberatkan ikatan emosional dalam hubungan persahabatan dibandingkan hanya kebersamaan secara fisik. Namun, kedua film tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Film “5 cm” cenderung memperlihatkan maskulinitas dan kekuasaan patriarki yang dominan dalam suatu hubungan, sedangkan film “Bebas” cenderung memperllihatkan feminitas yang dominan. Dari segi tujuan, film “5 cm” menampilkan perpisahan untuk saling mendukung dalam meraih impian masing-masing individu, sementara film “Bebas” perpisahan terjadi karena sebuah tragedi dan pada saat dewasa mereka ingin berkumpul kembali melakukan reuni.

Kata kunci : Representasi, Persahabatan, Semiotika, Roland Barthes.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
surat persetujuan.pdf
Halaman Sampul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP