Penulis Utama : Panggah Sinung Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613061
Tahun : 2019
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari 100 Meter dengan Permainan Atletik dan Modifikasi Alat Bantu pada Siswa Kelas X PM 2 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K5613061 - 2019
Subyek : PERMAINAN ATLETIK, MODIFIKASI ALAT BANTU, LARI 100 METER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penerapan  model  permainan atletik dan modifikasi alat bantu ini, dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari jarak pendek khususnya lari 100 meter pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 6 Surakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 6 Surakarta semester I Tahun Pelajaran 2017/2018, sebanyak 35 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah teknik tes dan observasi, pengambilan data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan penggunaan metode drill bervariasi pada materi lari 100 meter. Observasi yang dilakukan untuk mengamati perubahan perilaku siswa pada setiap siklus. Validitas data  menggunakan teknik triangulasi data metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian bahwa dengan penggunaan model  permainan atletik dan modifikasi alat bantu pada mata pelajaran Penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar lari 100 meter pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri  6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, dapat di peroleh hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut : Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 65,71%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 29 siswa atau 82.86%  dari jumlah seluruh siswa yaitu 35 siswa. Sedangkan nilai  rata-rata hasil belajar siswa dari 76,70 % pada siklus I meningkat tajam menjadi 80,32 % pada siklus II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80 % siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan permainan atletik dan modifikasi alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar Lari 100 meter pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 6 Surakarta pada tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci :Permainan atletik, Modifikasi alat bantu, Lari 100 meter

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M. Kes.
2. dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan