Penulis Utama : Anggita Ayuningtyas
NIM / NIP : K6414008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektifitas partisipasi masyarakat dalam kegiatan Tablu Dusun sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan; 2) Hambatan Tablu Dusun sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan metode.
Simpulan hasil penelitian: 1) Efektifitas partisipasi masyarakaT dalam kegiatan Tablu Dusun jika terkait dengan perencanaan pembangunan desa tidak efektif dikarenakan partisipasi dari masyarakat belum mampu mempengaruhi keputusan dari pemerintah desa 2) Hambatan dalam Tablu Dusun ada dua macam yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal terletak pada masyarakat yang kurang percaya diri untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya. Kemudian hambatan eksternal terletak pada masyarakat cenderung ikut-ikutan untuk menyetujui apa yang disampaikan oleh salah satu anggota masyarakat yang menyampaikan pendapatnya dan juga terletak pada pemerintah desa yang menganggap sikap kurang percaya diri masyarakat sebagai sebuah kewajaran.

Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, Tablu Dusun

 

×
Penulis Utama : Anggita Ayuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414008
Tahun : 2020
Judul : Tablu Dusun Sebagai Wahana Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6414008 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Dr. Rusnaini, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.