Penulis Utama : Febri Adhy Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416020
Tahun : 2020
Judul : Inovasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi STEM Sebagai Upaya Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teras)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416020 - 2020
Subyek : INOVASI, MODEL PEMBELAJARAN PJBL, STEM, PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, BERPIKIR KRITIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Project Based Learning berorientasi STEM sebagai upaya membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi KD 3.2 Mengkaji dinamika demokrasi di Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Reserch and Developent (pengembangan) mengacu pada model pengembangan ADDIE yang berupa Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari informan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Teras, Peserta Didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras, Ahli Pengembangan dari dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan analisis angket. Penerapan produk dilakukan pada peserta didik dan ahli pengembangan. Analisis data berupa angka yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang penyajiannya dalam bentuk presentase, data kualitatif  penyajiannya berupa data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian berupa pengumpulan informasi awal, desain produk, pengembangan produk, penerapan produk, dan evaluasi produk.
Tingkat keberhasilan pengembangan model pembelajaran Project Based Learning berorientasi STEM sebagai upaya membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam materi mengkaji dinamika demokrasi di Indonesia layak dijadikan produk pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.  Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi produk setelah implementasi terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Teras dengan penilaian “85,5”. Penilaian rata-rata kemampuan berpikir kritis Peserta Didik pada kelas XI IPS 2 setelah mengikuti pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning Berorientasi STEM yaitu memperoleh nilai “86,5”.

Kata Kunci :  Inovasi, Model Pembelajaran PjBL, STEM, Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan, Berpikir Kritis

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rima Vien Permata H, S.H, M.H.
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP