Penulis Utama : Kiki Maryana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416025
Tahun : 2020
Judul : Kompetensi Profesional Guru PPKN dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Guna Meningkatkan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) pada Siswa (Studi pada K.D 3.1 Mata Pelajaran PPKN Kelas IX di SMP Negeri 4 Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416025 - 2020
Subyek : KOMPETENSI PROFESIONAL, MATERI PEMBELAJARAN, PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi profesional Guru PPKn dalam mengembangakan materi pembelajaran KD 3.1 kaitanya dengan prinsip-prinsip pengembengam materi. (2) Pengetahuan kewarganegaraan yang dimiliki siswa setelah mempelajari materi KD 3.1 yang telah dikembangkan oleh guru PPKn. (3) Kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam mengembangkan materi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa informan (narasumber), dokumen dan arsip serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara semiterstruktur dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis data model analisis interaktif.
Hasil penelitian memberikan kesimpulan, diantaranya: (1) Kompetensi profesional Guru PPKn dalam mengembangkan materi pembelajaran KD 3.1 kaitanya dengan prinsip relevansi, konsistensi dan kecukupan sudah dalam kategori baik, yaitu dengan hasil penilaian sebesar 81,57.  (2) Setelah guru mengembangkan materi pembelajaran, pengetahuan kewarganegaraan siswa pada KD 3.1 sudah menunjukkan hasil dengan kategori baik, yaitu dapat dibuktikan ketika dilakukan tes oleh peneliti jumlah siswa yang sudah melampaui KKM mencapai angka 81,25%, sedangkan untuk ulangan harian yang dilakukan oleh Guru, jumlah siswa yang sudah melampaui KKM mencapai angka 87,5%. (3) Kendala yang dihadapi Guru PPKn Kelas IX dalam mengembangkan materi pembelajaran yaitu pada penyusunan IPK, karena menurut guru tersebut untuk menggunakan KKO yang tepat memerlukan analisis yang ekstra dan tidak bisa asal pakai KKO. Hal ini sesuai dengan hasil analisis RPP yang dilakukan peneliti, yaitu ditemukan dua IPK yang penggunaan KKOnya tidak sesuai urutan, selain itu tujuan pembelajaran yang disusun juga belum terdapat komponen degree (D).

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Materi Pembelajaran, Pengetahuan Kewarganegaraan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A.
2. Dr. Rini Triastuti, S.H, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP