Penulis Utama : Ratih Astari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416045
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Nilai Cinta Tanah Air pada Mahasiswa (Studi Kasus UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416045 - 2020
Subyek : IMPLEMENTASI NILAI, CINTA TANAH AIR, MAHASISWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa  melalui UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional UNS, 2) mengetahui dampak adanya implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa  melalui UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional UNS. 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam  implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa  melalui UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional UNS.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan analisis bersifat deskriptif dilakukan dengan 4 tahap (1) pengumpulan data, (2) reduksi, (3) sajian, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) bentuk implementasi nilai cinta tanah air implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa (studi kasus di UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional UNS) melalui nilai toleransi, nilai cinta budaya, nilai disiplin, nilai perjuangan, dan nilai bela negara. (2) dampak adanya implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa diantaranya : memperoleh pembelajaran nilai cinta tanah air di luar kegiatan akademik, memberi kesadaran kepada generasi muda terkhusus untuk mahasiswa UNS untuk melestarikan kesenian tradisional dan turut serta dalam bela negara. (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai cinta tanah air pada mahasiswa. Untuk faktor pendukung diantaranya : adanya dukungan dan kerjasama antara universitas dengan UKM BKKT dalam implementasi nilai cinta tanah air, keteladanan dari UKM BKKT adanya pentas kesenian di acara-acara kampus. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya : anggota UKM BKKT kesulitan membagi waktu, beberapa anggota UKM tidak aktif lagi, dan belum ada kerjasama dengan media partner.

Kata Kunci : Implementasi Nilai, Cinta Tanah Air, Mahasiswa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si.
2. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP