Penulis Utama : Sisca Meriani Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416057
Tahun : 2020
Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi di Desa Pucanggading, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416057 - 2020
Subyek : PARTISIPASI, MASYARAKAT, PENGELOLAAN, DANA DESA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Pucanggading; 2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Pucanggading.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan komponen-komponen model analisis interaktif.
Simpulan hasil Penelitian: 1) Partisipasi masyarakat pada setiap tahapan pengelolaan dana desa di Desa Pucanggading menunjukkan partisipasi yang optimal. Pada tahap perencanaan partisipasi masyarakat tampak pada saat musdus dan musdes penetapan prioritas belanja desa meskipun tidak semua menyampaikan ide atau gagasan. Tahap pelaksanaan, partisipasi masyarakat berupa partisipasi swadaya/tenaga gotong royong dan ikut dalam berbagai program pelatihan dengan baik. Pada tahap pertanggungjawaban, masyarakat ikut pada saat musyawarah LPJ APBDes sehingga pada tahap ini kualitas partisipasi masyarakat sudah baik;. 2) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Pucanggading dipengaruhi oleh faktor pendukung antara lain adanya kesempatan, kemauan, keterbukaan dan komitmen masyarakat dan pemerintah desa untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang partisipatif. Faktor penghambat dalam pengelolaan dana desa yakni a) Pencairan dana desa secara bertahap; b) tingkat pendidikan dan kesibukan bekerja; c) Kurang terkuasainya teknik komunikasi sosialisasi antara pemerintah, lembaga desa, dan masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Pucanggading termasuk dalam bentuk partisipasi bebas, individual, sukarela dan berada di tingkat kelima yaitu penenteraman (Placation) menurut teori  Arnstein  atau dalam derajat Tokenisme.

Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, Pengelolaan, Dana Desa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.Pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A.
2. Dr. Rusnaini, M.Si.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP