Penulis Utama : Suyatmi
NIM / NIP : K6416060
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP N 1 Tulung dalam peningkatan keterampilan kewarganegaraan kepada peserta didi, 2) Kendala yang dihadapi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam peningkatan keterampilan kewarganegaraan yang meliputi: keterampilan berpartisipasi dan berfikir kritis secara efektif dan bertanggungjawab.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif, teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obervasi, dan dokumen.
Simpulan hasil penelitian: strategi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam peningkatan keterampilan kewarganegaraan kepada peserta didik di SMP N 1 Tulung, yaitu pada kegiatan: 1) Pemilihan ketua OSIS,  2) Bakti sosial, 3) Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Masyarakat di Sekitar Sekolah, 4) Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Kepada Peserta Didik Baru. Kendala yang dihadapi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam peningkatan keterampilan kewarganegaraan adalah: 1)  pengelolaan OSIS, 2)  waktu dalam pelaksanaan kegiatan OSIS, 3)  partisipasi pengurus OSIS  dalam pelaksanaan kegiatan OSIS.

Kata Kunci: OSIS, Kegiatan OSIS, Keterampilan Kewarganegaraan

 

×
Penulis Utama : Suyatmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416060
Tahun : 2021
Judul : Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) (Studi di SMP Negeri 1 Tulung, Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416060 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Rima Vien Permata H, S.H, M.H.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.