Penulis Utama : Tesih Lestari
NIM / NIP : K6416061
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel yang terpilih berjumlah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan teknik angket. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, linieritas dan independen dengan taraf signikasi 0,05, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan uji korelasi produk moment, uji regresi dan sumbangan determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar, yang dibuktikan dengan hasil korelasi dimana rhitung > rtabel (0,665 > 0,235). Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y ditunjukkan dengan hasil perhitungan sumbangan determinasi sebesar 44,22%, artinya bahwa 44,22% motivasi belajar pada mata pelajaran PPKn dipengaruhi oleh pemanfaatan sumber belajar. Sedangkan 55,78% dipengaruhi faktor lain. Adapun persamaan garis regresi linear diperoleh persamaan Y ? = 21,964 + 1,043X.

Kata Kunci : Sumber Belajar, Motivasi Belajar, PPKn

×
Penulis Utama : Tesih Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416061
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416061 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Haryati, M.Pd.
2. Dr. Rini Triastuti, S.H, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.