Penulis Utama : Nahdiya Mufti Attika
NIM / NIP : K7114116
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada Peserta didik kelas V SD Negeri 01 Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan melalui model Team Assisted Individualization (TAI).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 01 Mesoyi yang berjumlah 18 peserta didik. Sumber data berasal dari peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik dari prasiklus ke siklus I dan ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum bersifat student-centered sehingga peserta didik belum berperan aktif dalam pembelajaran. Siklus I meningkat dari prasiklus yaitu 54,72  menjadi 72,22. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari pratindakan sebesar 22,22% menjadi 66,67% pada siklus I.  Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita meningkat setelah peserta didik aktif dalam pembelajaran walaupun belum maksimal. Hasil siklus II setelah diadakan perbaikan siklus I menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan Persentase ketuntasan klasikal. Nilai rata-rata meningkat dari siklus I yaitu 72,22 menjadi 76,77 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 66,67%  menjadi 83,33% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan peserta didik kelas V SD Negeri 01 Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci : Team Assisted Individualization, soal cerita, pecahan

 

×
Penulis Utama : Nahdiya Mufti Attika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114116
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7114116 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.