Penulis Utama : Pujiman
NIM / NIP : K7114131
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip manajeman kelas dan memaparkan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SDIT Alif Smart Surakarta.
Penlitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipan penelitian berasal dari dua kelas, yaitu kelas 2A dan kelas 2B yang terdiri dari 2 orang guru dan 34 siswa. Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, kuesioner, dan analisis dokumen. Validitas data penelitian mengunakan triangulasi teknik. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip manajemen kelas di SDIT Alif Smart Surakarta terlaksana dengan baik. Prinsip-prinsip tersebut meliputi: (1) sikap antusias, hangat, dan akrab dari guru. (2) pembelajaran yang
menantang. (3) variasi dalam pembelajaran. (4) keluwesan dalam setiap tindakan guru. (5) penekanan hal-hal positif dalam setiap perilaku siswa. (6) penanaman kedisiplinan pada siswa. Melalui penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas tersebut, motivasi belajar siswa menjadi tinggi. Hal itu terlihat dari perilaku siswa sebagai berikut: (1) adanya keaktifan siswa dalam pembelajaran. (2) adanya kemauan siswa untuk mencoba hal-hal yang sulit. (3) adanya keinginan siswa untuk berhasil. (4) adanya kemauan siswa untuk memulai aktivitas belajar dari diri sendiri. (5) siswa bertahan saat menghadapi kesulitan belajar. (6) adanya perhatian siswa terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip manajemen kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas II SDIT Alif Smart Surakarta.

Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar.

 

×
Penulis Utama : Pujiman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114131
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas II SDIT Alif Smart Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7114131 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Matsuri, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.