Penulis Utama : Elizza Widyastuti
NIM / NIP : K7116050
×

Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika pada soal cerita dengan penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis pada peserta didik kelas IV SD Negeri Bumi I Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri Bumi I Surakarta. Peserta didik terdiri dari 15 anak dengan jumlah laki-laki 6 anak, dan perempuan 9 anak. Selama penelitian berlangsung, guru kelas menjadi pengamat dan peneliti sendiri menjadi pengajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi; wawancara; dokumentasi; tes. Adapun teknik uji validitas data pada penelitian ini memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pada penelitian ini analisis data menggunakan model Miles and Hubberman dengan cara deskriptif kualitatif, dengan alur yaitu pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada setiap siklus. Pada hasil pratindakan ketuntasan klasikal mencapai 7% atau sebanyak 1 peserta didik yang dinyatakan terampil. Siklus I dengan dua kali pertemuan diperoleh hasil bahwa ketercapaian ketuntasan klasikal mencapai 20% atau sebanyak 3 peserta didik yang dinyatakan terampil. Dilanjutkan dengan siklus II yang memperoleh hasil bahwa ketercapaian ketuntasan klasikal mencapai 87% atau sebanyak 13 peserta didik yang dinyatakan terampil. Oleh karena itu, penerapan Means Ends Analysis (MEA) dapat mencapai persentase peserta didik yang ditargetnya yaitu 80% peserta didik yang hadir terampil dalam keterampilan pemecahan masalah soal cerita matematika. Maka dapat ditarik simpulan dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran matematika khususnya soal cerita berhasil meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada soal cerita peserta didik kelas IV SD Negeri Bumi I Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci : keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran  Means Ends Analysis, soal cerita matematika

 

×
Penulis Utama : Elizza Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116050
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Soal Cerita (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Bumi I Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116050 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.