Penulis Utama : Irfan Fadilah
NIM / NIP : K7116079
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang tentang jarak, waktu dan kecepatan, (2) Meningkatkan hasil belajar matematika tentang Jarak, Waktu, dan Kecepatan dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL), (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang jarak, waktu dan kecepatan.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus enam pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas V SDN Kledungkradenan berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) yaitu: (a) menyajikan masalah, (b) menyusun perencanaan proyek, (c) menyusun jadwal kegiatan proyek, (d) memonitor pelaksanaan proyek,
(e) mempresentasikan hasil proyek, (f) mengevaluasi hasil proyek; (2) penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang jarak, waktu dan kecepatan; (3) kendala dalam penelitian ini adalah masih ada siswa yang belum aktif dalam kegiatan proyek dan masih ada siswa yang belum cukup mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan dalam  pembuatan proyek, adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru sebaiknya melakukan pengawasan terhadap aktivitas belajar maupun diskusi  dan mendorong siswa supaya siswa aktif dalam kegiatan proyek dan guru maupun siswa sebaiknya lebih mempersiapkan alat maupun bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang Jarak, Waktu, dan Kecepatan pada siswa kelas V SDN Kledungkradenan tahun ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Model PjBL, Hasil Belajar, Matematika

 

×
Penulis Utama : Irfan Fadilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116079
Tahun : 2021
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Jarak, Waktu, dan Kecepatan Melalui Model Project Based Learning (PJBL) pada Siswa Kelas V SD Negeri Kledungkradenan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116079 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Dr. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.