Penulis Utama : Listiyani
NIM / NIP : K7116103
×

Tujuan   penelitian   ini   yaitu:   (1)   mendeskripsikan   langkah-langkah penerapan  model Team Games Tournament  (TGT)  dengan  multimedia  untuk meningkatkan hasil belajar  IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V; (2) meningkatkan hasil belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V melalui penerapan model Team Games Tournament (TGT) dengan multimedia; dan (3) menganalisis kendala dan solusi penggunaan model Team Games Tournament (TGT) dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini  adalah  guru  kelas V dan  siswa  kelas V SDN  5  Bumrejo  Kebumen  yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan  model  Team Games Tournament (TGT)  dengan  mutimedia  untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V   yaitu:   a)   presentasi   kelas   dengan   multimedia,   b)   belajar   tim,   c) Games/turnamen, dan d) rekognisi tim. (2) Penerapan  model  Team Games Tournament (TGT)  dengan  mutimedia  dapat  meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa  dalam  kehidupan pada siswa  kelas V SDN 5  Bumirejo  tahun
2019/2020. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yaitu 79,27
% pada siklus I, dan 85,37% pada siklus II. (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: a)  siswa  masih  belum  berani  untuk  menanyakan  materi  yang  belum  mereka pahami; b) siswa masih kurang berkerja sama dengan teman satu kelompok saat mengerjakan LKS; dan c) siswa cenderung memerlukan waktu yang lama saat berdiskusi. Adapun  solusi yaitu: guru merangsang siswa untuk bertanya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi, guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang berpartisipasi dalam diskusi saat mengerjakan LKS, dan guru mengarahkan siswa agar bekerja sama dan membagi tugas dalam kelompok sehingga tugas dapat selesai tepat waktu.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Team Games Tournament (TGT)  dengan  mutimedia yang dilaksanakan sesuai sekenario dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada siswa kelas V SDN 5 Bumirejo Kebumen tahun 2019/2020.

Kata kunci : TGT, multimedia, hasil belajar IPS

 

×
Penulis Utama : Listiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116103
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SDN 5 Bumirejo Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116103 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chumdari, M. Pd.
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.