Penulis Utama : Muhammad Aldy Budiawan
NIM / NIP : K7116118
×

Maksud dari adanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV B SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2019/2020 melalui penggunaan metode PQRST.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan selama dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yang sistematis yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan diakhiri refleksi. Penelitian ini menggunakan berbagai macam teknik yang meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Kevalidan data diuji menggunakan teknik triangulasi data dan sumber. Data dianalisis menggunakan model yang dikembangkan Miles-Huberman.
Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman sebesar 44,291 dengan presentasee kelulusan 12,5% pada pratindakan. Pada siklus I, perolehan rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningat menjadi 60,229 dengan presentasee kelulusan sebesar 41,67%. Terakhir pada siklus II, perolehan rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat menjadi 81,062 dengan presentasee kelulusan sebesar 87,5%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode PQRST terbukti berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV B SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: metode PQRST, keterampilan membaca pemahaman, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Muhammad Aldy Budiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116118
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116118 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Retno Winarni, M.Pd.
2. Drs. M. Ismail Sriyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.