Penulis Utama : Nurul Aisya Risyam
NIM / NIP : K7116138
×

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan Picture-Word Inductive Learning Model (PWILM). Adanya keterpaduan antara sintaks serta kelebihan model pembelajaran Picture-Word Inductive dengan aspek indikator pada keterampilan membaca permulaan sehingga intensitas model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subjek yang diteliti sebanyak 12 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil keterampilan membaca permulaan selalu mengalami peningkatan di setiap siklus. Hingga pada siklus II penelitian dihentikan karena telah mencapai indikator kerja penelitian. Hasil observasi pratindakan menampilkan perolehan nilai rerata klasikal pada pratindakan yaitu 54,58 (16,67%) yang mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 60,00 (41,67%) dan semakin meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai rerata 80,00 (83,33%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Picture-Word Inductive Learning Model (PWILM) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas IA SDN Dukuhan Kerten Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: keterampilan, membaca permulaan, Picture-Word Inductive Learning Model (PWILM), sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Nurul Aisya Risyam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116138
Tahun : 2021
Judul : Penerapan Picture–Word Inductive Learning Model (PWILM) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IA SD Negeri Dukuhan Kerten Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116138 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukarno, M.Pd.
2. Dr. Chumdari, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.