Penulis Utama : Ayu Ariningtiyas
NIM / NIP : K7616012
×

Kualitas pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami proses belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik di antaranya persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru, yaitu bagaimana cara pandang peserta didik terhadap guru dan disiplin belajar, yaitu kepatuhan peserta didik terhadap peraturan yang telah ditetapkan dalam kegiatan belajar untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Berdasarakan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 142 peserta didik dengan sebanyak 104 peserta didik ditetapkan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 15,403  > 3,09. Besar sumbangan persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 23,4%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,530 > 1,98373. Besar sumbangan persepsi peserta didik tentang profesionalisme terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 11,3%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,657 > 1,98373. Besar sumbangan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 12,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid-19, disiplin belajar memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan persepsi peserta didik tentang profesionalisme guru.

Kata kunci: Persepsi Peserta Didik Tentang Profesionalisme Guru, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Ayu Ariningtiyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7616012
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Profesionalisme Guru dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi - K7616012 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
2. Dr. Sudarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.