Penulis Utama : Adelia Rossita Hadi Pratiwi Nim. I 0116002
NIM / NIP : I0116002
×

ABSTRAK

Adelia Rossita Hadi Pratiwi, Stefanus Adi Kristiawan, Halwan Alfisa Saifullah. 2020. Kuat Lekat Beton High Volume Fly Ash – Self Compacting Concrete (HVFA-SCC). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
High Volume Fly Ash – Self Compacting Concrete (HVFA-SCC) adalah inovasi beton dengan menambahkan fly ash sebesar 50% lebih untuk menggantikan jumlah semen dalam campuran beton SCC. Penggunaan HVFA-SCC pada struktur beton bertulang diupayakan memberikan alternatif yang lebih baik dibanding beton normal. Stuktur beton bertulang bekerja secara optimal saat beban disalurkan dengan baik oleh kedua komponen beton dan baja. Lekatan yang terjadi antara permukaan tulangan baja dengan beton yang mengelilinginya untuk menahan beban yang bekerja menimbulkan tegangan lekat antara beton dan baja. Pada penelitian ini digunakan metode pull-out test untuk mengetahui kuat lekat sampel dengan variasi tulangan tertanam ulir dan polos dengan diameter 10 mm, 12 mm, dan 16 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat lekat HVFA-SCC dengan tulangan ulir lebih besar dibandingkan tulangan polos sebesar 13,41 – 27,72 %, kuat lekat yang terjadi meningkat seiring bertambahnya diameter tulangan sebesar 16,07 – 61,62 %. Kuat lekat pada HVFA-SCC lebih besar dibandingkan dengan beton normal, dari perhitungan diketahui beton normal membutuhkan panjang penyaluran tulangan berkisar 14.71 – 50,54 % lebih besar dari HVFA-SCC.
Kata kunci : HVFA-SCC, kuat lekat, tulangan baja

 

×
Penulis Utama : Adelia Rossita Hadi Pratiwi Nim. I 0116002
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116002
Tahun : 2020
Judul : Kuat Lekat Beton High Volume Fly Ash Self-Compacting Concrete (Hvfa-Scc) Bonding Behavior High Volume Fly Ash - Self Compacting Concrete (Hvfa-Scc).
Edisi :
Imprint : Surakarta, - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Stefanus Adi Kristiawan S.T., M.Sc., Ph.D
2. Dr. Eng Halwan Alfisa Saifullah S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.