Penulis Utama : Rosydah Nirasani
NIM / NIP : K7616059
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh empati dan efikasi diri terhadap pembentukan niat berwirausaha sosial mahasiswa Pendidikan Ekonomi perguruan tinggi negeri  di Jawa Tengah (UNS dan UNSOED), serta mengetahui pengaruh moderasi pendidikan kewirausahaan pada hubungan empati dengan niat kewirausahaan sosial dan hubungan efikasi diri dengan niat kewirausahaan sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS dan UNSOED angkatan 2016 – 2018 berjumlah 192 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pengukuran empati yang dikemukakan oleh Davis (1983), pengukuran efikasi diri yang dikemukakan oleh Zhao et al. (2005) dan Miller et al. (2012), pendikan kewirausahaan diukur dengan skala Chang & Wannamakok (2019), dan pengukuran niat kewirausahaan sosial menggunakan instrumen dari Linan & Chen (2009). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan moderated regression analysis (MRA).
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa empati (p = 0,038) dan efikasi diri (p = 0,000) berpengaruh terhadap niat kewirausahaan sosial. Pendidikan kewirausahaan juga mampu memoderasi hubungan efikasi diri dengan niat kewirausahaan sosial (p = 0,045), namun tidak memoderasi hubungan empati dengan niat kewirausahaan sosial (p = 0,241).

Kata kunci: Empati, Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Niat Kewirausahaan Sosial  

 

×
Penulis Utama : Rosydah Nirasani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7616059
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Empati dan Efikasi Diri Terhadap Niat Kewirausahaan Sosial Dimoderasi Oleh Pendidikan Kewirausahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi - K7616059 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si.
2. Muhammad Sabandi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.