Penulis Utama : Ahmad Faqih Hermawan
NIM / NIP : I0116007
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-AU X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

ABSTRAK

High strength self-compacting concrete adalah beton mutu tinggi yang dapat memadat dengan berat sendirinya tanpa bantuan alat pemadat (vibrator). Penelitian ini menggunakan 18 benda uji dengan penambahan metakaolin 17,5?ri binder dan variasi serat 0 kg/m3, 10 kg/m3, 15 kg/m3, 20 kg/m3, 25 kg/m3 dan 30 kg/m3. Serat yang digunakan adalah tipe serat end hooked Dramix 3D 65/35 BG. Masing- masing benda uji digunakan untuk pengujian kuat tekan dan modulus elastisitas.

Penambahan metakaolin dan variasi serat baja menurunkan workability pada beton segar high strength self-compacting concrete (HSSCC). Pengujian flow table test, L-box test tetapi tidak memenuhi pada pengujian V-funnel test sebagai syarat beton SCC. Hal ini dikarenakan fiber aspect ratio yang terlalu besar, sehingga terjadi penggumpalan (balling) yang mengakibatkan beton tidak dapat mengalir dengan lancar. Hasil pengujian mengalami peningkatan dan penurunan akibat penambahan metakaolin dan variasi serat baja.

Didapatkan kuat tekan beton maksimum yang dapat dicapai sebesar 67,87 MPa dengan metakaolin 17,5% dan kadar serat baja 20 kg/m3. Perhitungan berdasarkan ASTM C469, nilai modulus elastisitas maksimum terjadi pada beton  dengan kadar serat baja 20 kg/m3 yaitu sebesar 38226,18 MPa. Perhitungan berdasarkan Eurocode 2-1992, nilai modulus elastisitas maksimum terjadi pada beton dengan kadar serat baja 20 kg/m3 yaitu sebesar 47886,27 MPa. Hal ini  menunjukan bahwa penambahan serat baja dapat memberikan konstribusi positif terhadap kuat tekan dan modulus elastisitas beton.

Kata Kunci : serat baja, kuat tekan, modulus elastisitas

×
Penulis Utama : Ahmad Faqih Hermawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116007
Tahun : 2020
Judul : Kajian Kuat Tekan Dan Modulus Elastisitas Beton Dengan Metakaolin Dan Variasi Serat Baja The Study Of Compressive Strength And Modulus Of Elasticity On Concrete With Metakaolin And Steel Fiber Variation
Edisi :
Imprint : Surakarta, - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., D.E.A.,
2. Dr. Endah Safitri, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.