Penulis Utama : Putri Kurnia Ramadhani
NIM / NIP : K7716047
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh estimasi pengaruh penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini mengidentifikasi tentang pengaruh yang diberikan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode meta-analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari jurnal penelitian dan skripsi yang relevan yaitu dengan penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 jurnal penelitian yang kemudian dirangkum dan dianalisis kembali. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan hasil observasi dan angket mengenai motivasi belajar serta adanya kenaikan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM yang dilakukan antara sebelum dan setelah diterapkannya model PBL pada setiap jurnal penelitian yang dianalisis. Hasil perhitungan effect size motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi berturut-turut sebesar 0,54 dengan kategori efek sedang  dan 2,42 dengan kategori tinggi.

Kata Kunci: Meta-analisis, Model PBL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi

 

×
Penulis Utama : Putri Kurnia Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716047
Tahun : 2021
Judul : Studi Meta-Analisis Tentang Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Akuntansi - K7716047 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiman, M.Si.
2. Binti Muchsini, S.Pd., M.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.