Penulis Utama : Putri Ramadhanti
NIM / NIP : K7716048
×

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI AKL 2 SMK Wikarya melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media kartu berpasangan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya meliputi empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 2 SMK Wikarya yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan sebesar 75%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu media kartu berpasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor observasi motivasi belajar akuntansi pada pelaksanaan siklus I sebesar 61,28% mengalami kenaikan di siklus II menjadi 83,33%. Sedangkan dari skor angket motivasi belajar akuntansi pada pratindakan sebesar 58,74%, pada siklus I sebesar 71, 53%, dan pada siklus II 85,97%. Motivasi belajar akuntansi meningkat 19 poin significan secara statistik karena diperoleh t = 6,69 dengan p value = 0,001. Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantu media kartu berpasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI AKL 2 SMK Wikarya, hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil penelitian pada tiap siklusnya.

Kata kunci:  Think Pair Share, Kartu Berpasangan, Motivasi Belajar

 

×
Penulis Utama : Putri Ramadhanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716048
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Media Kartu Berpasangan pada Siswa Kelas XI AKL 2 SMK Wikarya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Akuntansi - K7716048 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.
2. Asri Diah Susanti, SE., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.