Penulis Utama : Rana Anisah
NIM / NIP : K7716050
×

Tujuan dari penelitian meta analisis ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer, media cetak, media permainan dan media audiovisual terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik pada mata pelajaran akuntansi pada jenjang pendidikan SMA/SMK dan Perguruan Tinggi.
Pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel penelitian eksperimen yang berkaitan dengan berbagai media pembelajaran terhadap berbagai hasil belajar akuntansi kemudian diseleksi apakah sudah terpublikasi di jurnal nasional dan memiliki ISSN. Peneliti menggunakan 25 artikel sebagai sampel yang kemudian diperhitungkan effect size nya menggunakan rumus eta square (?^2/r^2).
Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar, dengan efek terhadap hasil belajar kognitif 0.264, hasil belajar afektif 0.277, dan hasil belajar psikomotorik 0.512. Jenis media pembelajaran yang menghasilkan efek terbesar adalah media audio visual dengan efek sebesar 0.3959, kemudian diikuti media cetak dan media berbasis komputer yang termasuk dalam kategori pengaruh besar, dan terakhir media permainan termasuk kedalam kategori berpengaruh sedang. Berdasarkan jenjang pendidikan yang memberikan efek lebih besar adalah di jenjang perguruan tinggi dengan efek sebesar 0.369.

Kata Kunci : Meta analisis, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Rana Anisah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716050
Tahun : 2020
Judul : Studi Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Akuntansi - K7716050 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd.
2. Asri Diah Susanti, SE., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.