Penulis Utama : Valentina Indriyani
NIM / NIP : K7716072
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran spreadsheet menggunakan model PBL berbasis e-learning pada peserta didik kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari persentase ketuntasan peserta didik. Pada pra tindakan sebesar 25% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 59% dan 81% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dari kategori kurang kreatif pada siklus I menjadi kategori kreatif pada siklus II. Persentase setiap indikator pada siklus II yaitu fluency sebesar 80,2%, flexibility sebesar 77,9%, originality sebesar 77,1%, dan elaboration sebesar 77%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL berbasis e-learning mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif.

Kata kunci: PBL, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kreatif.

 

×
Penulis Utama : Valentina Indriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716072
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Spreadsheet di SMK N 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Akuntansi - K7716072 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus
2. Binti Muchsini, S.Pd., M.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.