Penulis Utama : Tiyas Fahmila Nuransa
NIM / NIP : K8115062
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik melalui mind mapping anak kelompok A Tk At-Tamyiz Jajar Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yag digunakan adalah Penelitain Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pmnggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif model Kemmis dan Mc Tegart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak- anak kelompok A TK At-Tamyiz Jajar Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 16 anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu anak, guru dan aktivitas pembelajaran. Sumber sekunder yaitu arsip dan dokumen pembelajaran, hasil penilaian anak berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisi deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif model interaktif menggunakan Miles dan Huberman.
Hasil penelitain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan berpikir simbolik yaitu pada kemampuan berpikir simbolik anak pada tahap pratindakan sebanyak 8 anak atau sebesar 40% yang mengalami ketuntasan. Pada siklus I meningkat menjadi 14 anak atau sebanyak 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 atau sebanyak 80% telah mencapai ketuntasan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan anak dalam mnegerjakan tugas seperti membilang dan menyebut lambang bilangan dengan benar, menunjukkan lambang bilangan dengan benda secara benar serta menghubungkan lambang bilangan dengan benda secara tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B TK At-Tamyiz Jajar Surakarta.

Kata kunci : Kemampuan Berpiki Simbolik, Mind Mapping, Anak Usia 4-5 Tahun

 

×
Penulis Utama : Tiyas Fahmila Nuransa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115062
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Mind Mapping Anak Kelompok A Tk At-Tamyiz Jajar Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PG-PAUD - K8115062 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
2. Novita Eka Nurjanah, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.