Penulis Utama : Clara Dewi Larasati
NIM / NIP : K8116016
×

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji efektivitas intervensi Adults and Children Together (ACT) raising safe kids program terhadap pencegahan tindak kekerasan verbal dalam pendisiplinan anak. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu PKK RT 01 RW 10 Bayan, Kadipiro, Banjarsari yang terdiri dari 40 orang. Sampel yang digunakan peneliti berjumlah 20 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengukur persepsi orang tua mengenai kekerasan verbal dalam pendisiplinan anak. Analisis data pada penelitian menggunakan statistik non parametrik karena terbatas dalam jumlah responden. Uji hipotesis menggunakan wilcoxon sign rank test dengan SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pada kelompok eksperimen menunjukkan adanya penurunan sebesar 9,8% sedangkan hasil kelompok kontrol mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 71,10 turun menjadi 61,30 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 66,80 pada saat pretest menjadi 67,70 pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas intervensi Adults and Children Together (ACT) raising safe kids program terhadap pencegahan tindak kekerasan dalam pendisiplinan anak yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (? ?  0,05). Berdasarkan hasil tersebut, 2 dari 10 ibu dalam kelompok eksperimen berkembang menjadi baik setelah mengikuti sesi program ACT dan 8 lainnya mengalami perubahan anggapan kekerasan verbal dalam pendisiplinan anak secara signifikan setelah menyelesaikan program.

Kata kunci: Adults And Children Together, Kekerasan Verbal, Pendisiplinan Anak

 

×
Penulis Utama : Clara Dewi Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116016
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Intervensi Adults and Children Together (ACT) Raising Safe Kids Program Terhadap Pencegahan Tindak Kekerasan Verbal dalam Pendisiplinan Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PG-PAUD - K8116016 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Munif Syamsuddin,S.PdI., MA.
2. Novita Eka Nurjanah, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.