Penulis Utama : Khoirul Anam
NIM / NIP : K8416040
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana remaja yang hidup dalam pergaulan remaja perokok, dalam memproteksi diri dari kebiasaan merokok.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini menggunakan dua jenis data penelitian, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan pengamat. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proteksi diri yang dilakukan remaja timbul atas dasar pengetahuan tentang rokok yang didapatkan dalam proses sosialisasi awal dalam keluarga. Pemahaman dalam keluarga mengenai akibat yang ditimbulkan dari perilaku merokok, berdasar pengalaman orang tua mereka. Dari modal pemahaman yang didapatkan tersebut menjadi dasar untuk proteksi diri dalam pergaulan remaja, khususnya dalam pergaulan perokok. Selain itu, proteksi diri lainnya adalah timbul dari perencanaan remaja mengenai masa depannya dalam meraih cita-cita dan impiannya. Dari pengetahuan dan pengalaman tersebut yang merupakan timbul melalui interaksi sosial menjadikannya melakukan proteksi diri dari perilaku merokok dalam pergaulan remaja.

Kata kunci: Kebiasaan merokok, kenakalan remaja, siswa perokok, proteksi diri.

 

×
Penulis Utama : Khoirul Anam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8416040
Tahun : 2020
Judul : Proteksi Diri Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Membentengi Diri Dari Kebiasaan Merokok di Pergaulan Remaja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi - K8416040 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum.
2. Abdul Rahman, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.