Penulis Utama : Alfian Wiratmoko
NIM / NIP : X5117001
×

Perkembangan kemampuan baca tulis anak tunagrahita tentu memerlukan suatu metode dan media untuk menunjang proses pembelajarannya. Sesuai dengan karakteristik tunagrahita, maka mereka mengalami kesukaran dalam memusatkan perhatian dan jangkauan perhatiannya sangat sempit dan mudah beralih. Untuk mengatasi hal tersebut anak tunagrahita memerlukan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan baca dan tulis. Salah satunya menggunakan media kartu huruf bergambar dikemas secara inovatif dan menarik serta dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca dan tulis huruf menggunakan media kartu huruf bergambar pada siswa tunagrahita kelas 4 di SDLBN Manisrejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes untuk mengetahui hasil kemampuan baca dan tulis sebelum dan sesudah diberikan treatment.
Hasil penelitan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan baca dan tulis dengan menerapkan media kartu huruf bergambar dengan hasil tes pada siklus I diketahui rerata nilai membaca sebesar 55% dan nilai menulis sebesar 58,3%. Pada siklus II rerata nilai membaca sebesar 71,7% dan nilai menulis sebesar 75%. Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 70%. Berdasarkan data tersebut secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kartu huruf bergambar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan baca dan tulis huruf pada siswa tunagrahita kelas 4 di SDLBN Manisrejo tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Baca Tulis, Kartu Huruf Bergambar, Siswa Tunagrahita

 

×
Penulis Utama : Alfian Wiratmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117001
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Media Pembelajaran Kartu Huruf Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Huruf pada Siswa Tunagrahita Kelas 4 SDLBN Manisrejo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - X5117001 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.
2. Mohammad Anwar, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.